Senin, 28 Oktober 2013

PENGALAMAN BERORGANISASI



Pengertian Organisasi.

Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok sama satu sama lain, dan ada pula yang berbeda.Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang , material , mesin , metode , lingkungan ), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut.
·         Organisasi Menurut Stoner: Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
·         Organisasi Menurut James D. Mooney: Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
Pada dasarnya orang tidak bisa hidup sendiri. Sebagian besar tujuannya dapat terpenuhi apabila ada interaksi sosial dengan orang lain. Sebagai mahluk sosial, manusia tidak bisa hidup sendiri karena manusia memiliki kebutuhan terhadap manusia lainnya. Karena itulah biasanya manusia berkumpul dan membentuk kelompok, yang disebut dengan organisasi. Karang Taruna, perusahaan, kerajaan, negara, adalah bentuk-bentuk dari organisasi. Bahkan sebuah organisasi kejahatan pun pada dasarnya juga adalah sebuah organisasi, dimana mereka bergabung dan berkumpul karena memiliki tujuan dan kepentingan yang sama. Organisasi yang paling kecil yang kerap kita jumpai adalah keluarga. Keluarga pada hakikatnya adalah sebuah organisasi. Keluarga adalah satuan organisasi terkecil yang pertama  kali dikenal oleh setiap manusia.
Banyak motivasi yang mendorong seseorang masuk dalam sebuah organisasi. Diantara beberapa motivasi atau tujuan seseorang bergabung ke dalam suatu kelompok organisasi adalah :
·         Kelompok atau organisasi sering dipakai untuk memecahkan masalah-masalah.
·         Mencegah kesepian dan kerenggangan
·         Kelompok dapat memberikan bantuan pada saat kesusahan / menjumpai  masalah
·     Kelompok dapat memberikan tujuan dan nilai hidup yang lebih baik, perilaku, ggggggdan kesetaraan kelompok
·  iiiiKelompok sosial , kerja dan bermacam-macam kelompk lainnya memberikan ggggggprestige, status dan pengakuan.



Pengalaman Berorganisasi

Pada awal masuk sekolah menengah pertama (SMP) saya pernah menjadi anggota paskibraka di situ, saya memilih mengikuti paskibraka karena saya tertarik untuk mencobanya, dan juga karena paskibraka di smp saya dulu memang sudah banyak mendapatkan predikat yang bagus. Saya pun pernah mengikuti kejuaraan tingkat Jakarta timur dan smp kami meraih juara ke 2. Namun selang satu tahun saya pun memutuskan untuk keluar, karena ya kepanasan dan saya semakin hitam (hehe). Kemudian saat kelas 2 karena teman saya banyak yg mengikuti ektrakulikuler Rohis maka saya pun mencoba untuk ikut Rohis, saya di Rohis tidak lama sekitar 2-3bulan karena kegiatannya membosankan. Nah pas smp juga saya ikut pramuka, walaupun hanya sebentar namum kegiatan ini sangat seru lho. Dari semua itu memang memiliki manfaat yang berbeda-beda.

Manfaat-manfaat dalam mengikuti kegiatan berorganisasi adalah :
1.    Menambah wawasan.
2.    Menambah pengalaman dan pembelajaran.
3.    Disiplin.
4.    Bertanggung jawab.
5.    Bersosialisasi.
6.    Melatih diri sebagai pemimpin (leadership).
7.    Mandiri.
8.    Dan hal positif lainnya.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar