1. Programmer
adalah orang yang membuat suatu aplikasi untuk client/user baik untuk
perusahaan, instansi ataupun perorangan.
Tugas
: Membuat program baik aplikasi maupun system operasi dengan menggunakan bahasa
pemrograman yang ada.
Kualifikasi
:
·
Menguasai logika dan algoritma
pemrograman
·
Menguasai bahasa pemrograman seperti
HTML, Ajax, CSS, JavaScript, C++, VB, PHP, Java, Ruby dan lain-lain.
·
Memahami SQL
·
Menguasai bahasa inggris IT
2. IT Support
merupakan pekerjaan IT yang mengharuskan seseorang bisa mengatasi masalah umum
yang terjadi pada komputer seperti install software, perbaikan hardware dan
membuat jaringan komputer. Profesi ini cukup mudah dilakukan karena bisa
dilakukan secara otodidak tanpa memerlukan pendidikan khusus.
Tugas:
-
Install software
-
Memperbaiki hardware
-
Membuat jaringan
Kualifikasi:
·
Menguasai bagian-bagian hardware computer
·
Mengetahui cara install program atau
aplikasi software
·
Menguasai sejumlah aplikasi umum sistem
operasi komputer
3. Software Engineer
adalah mereka yang memiliki keahlian untuk memproduksi perangkat lunak mulai
dari tahap awal spesifikasi sistem sampai pemeliharaan sistem setelah
digunakan.
Tugas:
Merancang dan menerapkan metode terbaik dalam pengembangan proyek software
Kualifikasi:
·
Menguasai keahlian sebagai programmer
dan system analyst
·
Menguasai metode pengembangan software
seperti RUP, Agile, XP, Scrum dan lain-lain.
4. Database Administrator
adalah mereka yang memiliki keahlian untuk mendesain, mengimplementasi,
memelihara dan memperbaiki database.
Tugas:
a. Menginstal
perangkat lunak baru
b. Mengkonfigurasi
hardware dan software dengan sistem administrator
c. Mengelola
keamanan database
d. Analisa
data di database
Kualifikasi:
·
Menguasai teknologi database seperti
Oracle, Sybase, DB2, MS Access serta Sistem Operasi
·
Menguasai teknologi server dan storage.
5. Web Administrator
adalah seseorang yang bertanggung jawab secara teknis terhadap operasional
sebuah situs atau website.
Tugas:
-
Menjaga kelancaran akses situs
(instalasi dan konfigurasi sistem)
-
Merawat hosting dan domain
-
Mengatur keamanan server dan firewall
-
Mengatur akun dan kata sandi untuk admin
serta user
Kualifikasi:
·
Menguasai keahlian seorang programmer
·
Menguasai jaringan (LAN, WAN, Intranet)
·
Menguasai OS Unix (Linux, FreeBSD, dan lain-lain).
6. Web Developer adalah
mereka yang memiliki keahlian untuk memberikan konsultasi pembangunan sebuah
situs dengan konsep yang telah ditentukan.
Tugas:
-
Menganalisa kebutuhan sistem
-
Merancang web atau situs (desain dan
program)
-
Mengaktifkan domain dan hosting
-
Pemeliharaan situs dan promosi
Kualifikasi:
·
Menguasai pemrograman web
·
Menguasai pengelolaan database
·
Mengerti domain dan hosting
·
Menguasai sistem jaringan
7. Web Designer
adalah mereka yang memiliki keahlian dalam membuat design atraktif dan menarik
untuk situs serta design untuk kepentingan promosi situs secara visual.
Tugas:
-
Mendesain tampilan situs
-
Memastikan tampilan gambar berfungsi
ketika ditambahkan bahasa pemrograman
Kualifikasi:
·
Menguasai HTML, CSS dan XHTML
·
Menguasai Adobe Photoshop &
Illustrator
·
Memiliki jiwa seni dan harus kreatif
8. Network Engineer
adalah orang yang berkecimpung dalam bidang teknis jaringan computer dari
maintenance sampai pada troubleshooting-nya.
Tugas
:
-
Membuat jaringan untuk perusahaan atau
instansi
-
Mengatur email, anti spam dan virus
protection
-
Melakukan pengaturan user account, izin
dan kata sandi
-
Mengawasi penggunaan jaringan
Kualifikasi
:
·
Menguasai server, workstation dan
hub/switch
9. System Analyst
adalah orang yang memiliki keahlian untuk menganalisa system yang akan
diimplementasikan, mulai dari menganalisa system yang ada, kelebihan dan
kekurangannya, sampai studi kelayakan dan desain system yang akan dikembangkan.
Tugas
:
-
Mengembangkan perangkat lunak/software
dalam tahapan requirement, design dan construction
-
Membuat dokumen requirement dan desain
software berdasarkan jenis bisnis customer
-
Membangun framework untuk digunakan
dalam pengembangan software oleh programmer
Kualifikasi
:
·
Menguasai keahlian sebagai programmer
·
Menguasai metode dan best practice
pemrograman
·
Memahami arsitektur aplikasi dan
teknologi terkini
B.
Deskripsi
Kerja Profesi TI
1.
IT
Programmer :
a.
Mengambil bagian dalam pengembangan dan
integrasi perangkat lunak.
b.
Mengembangkan secara aktif kemampuan
dalam pengembangan perangkat lunak.
c.
Menerima permintaan user untuk
masalah-masalah yang harus diselesaikan.
d. Menyediaakan dukungan dan penyelesaian
masalah konsumen baik untuk konsumen internal maupun eksternal.
e.
Bertanggung jawab atas kepuasan terkini
pelanggan.
f. Melakukan tugas-tugas yang berkaitan dan
tanggung jawab yang diminta, seperti dalam sertifikat dan menuruti rencana
dasar perusahaan untuk membangun kecakapan dalam portofolio produk.
g.
Mengerjakan macam-macam tugas terkait
seperti yang diberikan.
h. Membentuk kekompakan maksimum dalam
perusahaan bersama dengan rekan-rekan dalam perusahaan.
2.
System
Analyst :
a. Mengumpulkan informasi untuk
penganalisaan dan evaluasi sistem yang sudah ada maupun untuk rancangan suatu
sistem.
b.
Riset, perencanaan, instalasi,
konfigurasi, troubleshoot, pemeliharaan, dan upgrade sistem pengoperasian.
c. Riset, perencanaan, instalasi,
konfigurasi, troubleshoot, pemeliharaan, dan upgrade perangkat keras, perangkat
lunak, serta sistem pengoperasiannya.
d.
Melakukan analisis dan evaluasi terhadap
prosedur bisnis yang ada maupun yang sedang diajukan atau terhadap kendala yang
ada untuk memenuhi keperluan data processing.
e. Mempersiapkan flowchart dan diagram yang
menggambarkan kemampuan dan proses dari sistem yang digunakan.
f. Melakukan riset dan rekomendasi untuk
pembelian, penggunaan, dan pembangunan hardware dan software.
g.
Memperbaiki berbagai masalah seputar
hardware, software, dan konektivitas, termasuk di dalamnya akses pengguna dan
konfigurasi komponen.
h. Memilih prosedur yang tepat dan mencari
support ketika terjadi kesalahan, dan panduan yang ada tidak mencukupi, atau
timbul permasalahan besar yang tidak terduga.
i.
Mencatat dan memelihara laporan tentang
perlengkapan perangkat keras dan lunak, lisensi situs dan/ atau server, serta
akses dan security pengguna.
j.
Mencari alternatif untuk mengoptimalkan
penggunaan komputer.
k. Mampu bekerja sebagai bagian dari team,
misalnya dalam hal jaringan, guna menjamin konektivitas dan keserasian proses
di antara sistem yang ada.
l.
Mencatat dan menyimpan dokumentasi atas
sistem.
m. Melakukan riset yang bersifat teknis
atas system upgrade untuk menentukan feasibility, biaya dan waktu, serta
kesesuaian dengan sistem yang ada.
n.
Menjaga confidentiality atas informasi
yang diproses dan disimpan dalam jaringan
o. Mendokumentasikan kekurangan serta
solusi terhadap sistem yang ada sebagai catatan untuk masa yang akan datang.
3.
IT
Project Manager :
a.
Mengembangkan dan mengelola work
breakdown structure (WBS) proyek teknologi informasi.
b.
Mengembangkan atau memperbarui rencana
proyek untuk proyek-proyek teknologi informasi termasuk informasi seperti
tujuan proyek, teknologi, sistem, spesifikasi informasi, jadwal, dana, dan
staf.
c.
Mengelola pelaksanaan proyek untuk
memastikan kepatuhan terhadap anggaran, jadwal, dan ruang lingkup.
d.
Menyiapkan laporan status proyek dengan
mengumpulkan, menganalisis, dan meringkas informasi dan tren.
e.
Menetapkan tugas, tanggung jawab, dan
rentang kewenangan kepada personil proyek.
f.
Mengkoordinasikan rekrutmen atau
pemilihan personil proyek.
g.
Mengembangkan dan mengelola anggaran
tahunan untuk proyek-proyek teknologi informasi.
h.
Mengembangkan rencana pelaksanaan yang
mencakup analisis seperti biaya-manfaat atau laba atas investasi.
i.
Secara langsung atau mengkoordinasikan
kegiatan personil proyek.
j.
Menetapkan dan melaksanakan rencana
komunikasi proyek.
4.
IT
Support Officer :
a.
Menerima, memprioritaskan dan
menyelesaikan permintaan bantuan IT.
b.
Membeli hardware IT, software dan
hal-hal lain yang berhubungan dengan hal tersebut.
c.
Instalasi, perawatan dan penyediaan
dukungan harian baik untuk hardware & software Windows & Macintosh,
peralatan termasuk printer, scanner, hard-drives external, dll.
d.
Korespondensi dengan penyedia jasa
eksternal termasuk Internet Service Provider, penyedia jasa Email, hardware,
dan software supplier, dll.
e.
Mengatur penawaran harga barang dan
tanda terima dengan supplier untuk kebutuhan yang berhubungan dengan IT.
f.
Menyediakan data / informasi yang
dibutuhkan untuk pembuatan laporan departement regular.
5.
Network
Administrator :
a.
Maintain dan perawatan jaringan LAN.
b.
Archive data.
c.
Maintain dan perawatan komputer.
6.
Network
Engineer :
a.
Maintenance LAN dan Koneksi Internet
b.
Maintenance hardware
c.
Maintenance database dan file
d.
Help Desk
e.
Inventory
7.
Network
and Computer Systems Administrators :
a.
Menjaga dan mengelola jaringan komputer
dan lingkungan komputasi terkait termasuk perangkat keras komputer, perangkat
lunak sistem, perangkat lunak aplikasi, dan semua konfigurasi.
b.
Melakukan backup data dan operasi
pemulihan kerusakan.
c.
Mendiagnosa, memecahkan masalah, dan
menyelesaikan perangkat keras, perangkat lunak, atau jaringan lainnya dan
masalah sistem, dan mengganti komponen yang rusak bila diperlukan.
d.
Merencanakan, mengkoordinasikan, dan
melaksanakan langkah-langkah keamanan jaringan untuk melindungi data, perangkat
lunak, dan perangkat keras.
e.
Mengkonfigurasikan, memonitor, dan
memelihara aplikasi email atau virus software perlindungan.
f.
Mengoperasikan master konsol untuk
memonitor kinerja sistem komputer dan jaringan, dan untuk mengkoordinasikan
komputer akses jaringan dan penggunaan.
g.
Memuat rekaman komputer dan disk, dan
menginstal perangkat lunak dan kertas printer atau form.
h.
Desain, mengkonfigurasi, dan perangkat
keras uji komputer, jaringan lunak dan perangkat lunak sistem operasi.
i.
Memonitor kinerja jaringan untuk
menentukan apakah penyesuaian perlu dibuat, dan untuk menentukan di mana
perubahan harus dibuat di masa depan.
j.
Berunding dengan pengguna jaringan
tentang bagaimana untuk memecahkan masalah sistem yang ada.
8.
Network
Systems and Data Communications Analysts :
a.
Menguji dan mengevaluasi hardware dan
software untuk menentukan efisiensi, reliabilitas, dan kompatibilitas dengan
sistem yang ada, dan membuat rekomendasi pembelian.
b.
Desain dan implementasi sistem,
konfigurasi jaringan, dan arsitektur jaringan, termasuk teknologi perangkat
keras dan perangkat lunak, lokasi situs, dan integrasi teknologi.
c.
Membantu pengguna untuk mendiagnosa dan
memecahkan masalah komunikasi data.
d.
Memantau kinerja sistem dan menyediakan
langkah-langkah keamanan, tips dan pemeliharaan yang diperlukan.
e.
Menjaga dibutuhkan file dengan
menambahkan dan menghapus file pada server jaringan dan membuat cadangan file
untuk menjamin keselamatan file apabila terjadi masalah dengan jaringan.
f.
Bekerja dengan engineer lain, analis
sistem, programer, teknisi, ilmuwan dan manajer tingkat atas dalam pengujian,
desain dan evaluasi sistem.
g.
Mengidentifikasi area operasi yang perlu
diupgrade peralatan seperti modem, kabel serat optik, dan kabel telepon.
h.
Konsultasi pelanggan, kunjungi tempat
kerja atau melakukan survei untuk menentukan kebutuhan pengguna sekarang dan
masa depan.
i.
Melatih pengguna dalam menggunakan
peralatan.
j.
Memelihara perangkat seperti printer,
yang terhubung ke jaringan.
9.
Web
Administrators :
a.
Back up atau memodifikasi aplikasi dan
data yang terkait untuk menyediakan pemulihan kerusakan.
b.
Menentukan sumber halaman web atau
masalah server, dan mengambil tindakan untuk memperbaiki masalah tersebut.
c.
Meninjau atau memperbarui konten halaman
web atau link pada waktu yang tepat, menggunakan tool-tool.
d.
Memonitor sistem untuk intrusi atau
serangan denial of service, dan melaporkan pelanggaran keamanan untuk personil
yang tepat.
e.
Menerapkan langkah-langkah keamanan
situs web, seperti firewall atau enkripsi pesan.
f.
Mengelola internet / intranet
infrastruktur, termasuk komponen seperti web, file transfer protocol (FTP),
berita dan server mail.
g.
Berkolaborasi dengan tim pengembangan
untuk membahas, menganalisis, atau menyelesaikan masalah kegunaan.
h.
Test backup atau pemulihan rencana
secara teratur dan menyelesaikan masalah.
i.
Memonitor perkembangan web melalui
pendidikan berkelanjutan, membaca, atau partisipasi dalam konferensi
profesional, workshop, atau kelompok.
j.
Menerapkan update, upgrade, dan patch
pada waktu yang tepat untuk membatasi hilangnya layanan.
10. Web Developers
:
a.
Mendesain, membangun, atau memelihara
situs web, menggunakan authoring atau bahasa scripting, alat penciptaan konten,
alat manajemen, dan media digital.
b.
Melakukan atau update situs web
langsung.
c.
Menulis, desain, atau mengedit konten
halaman web, atau yang lain langsung memproduksi konten.
d.
Berunding dengan tim manajemen atau
pengembangan untuk memprioritaskan kebutuhan, menyelesaikan konflik,
mengembangkan kriteria konten, atau memilih solusi.
e.
Back-up file dari situs web untuk
direktori lokal untuk pemulihan instan dalam kasus masalah.
f.
Mengidentifikasi masalah yang ditemukan
oleh umpan balik pengujian atau pelanggan, dan memperbaiki masalah masalah atau
merujuk pada personalia yang tepat untuk koreksi.
g.
Evaluasi kode untuk memastikan bahwa itu
adalah sah, benar terstruktur, memenuhi standar industri dan kompatibel dengan
browser, perangkat, atau sistem operasi.
h.
Menjaga pemahaman teknologi web saat ini
atau praktek pemrograman melalui melanjutkan pendidikan, membaca, atau
partisipasi dalam konferensi profesional, workshop, atau kelompok.
i.
Menganalisis kebutuhan pengguna untuk
menentukan persyaratan teknis.
j.
Mengembangkan atau memvalidasi tes
routine dan jadwal untuk memastikan bahwa uji kasus meniru antarmuka eksternal
dan alamat semua jenis browser dan perangkat.
11. Computer Security Specialists
:
a.
Mengenkripsi transmisi data dan
membangun firewall untuk menyembunyikan informasi rahasia seperti sedang
dikirim dan untuk menahan transfer digital tercemar.
b.
Mengembangkan rencana untuk melindungi
file komputer terhadap modifikasi disengaja atau tidak sah, perusakan, atau
pengungkapan dan untuk memenuhi kebutuhan pengolahan data darurat.
c.
Meninjau pelanggaran prosedur keamanan
komputer dan mendiskusikan prosedur dengan pelanggar untuk memastikan
pelanggaran tidak terulang kembali.
d.
Memonitor penggunakan file data dan
mengatur akses untuk melindungi informasi dalam file komputer.
e.
Monitor laporan saat ini dari virus
komputer untuk menentukan kapan untuk memperbarui sistem perlindungan virus.
f.
Memodifikasi keamanan file komputer
untuk memasukkan software baru, memperbaiki kesalahan, atau mengubah status
akses individu.
g.
Melakukan penilaian risiko dan
melaksanakan tes pengolahan data sistem untuk memastikan fungsi pengolahan data
kegiatan dan langkah-langkah keamanan.
h.
Berunding dengan pengguna untuk membahas
isu-isu seperti akses data komputer kebutuhan, pelanggaran keamanan, dan
perubahan pemrograman.
i.
Melatih pengguna dan meningkatkan
kesadaran keamanan untuk memastikan keamanan sistem dan untuk meningkatkan
efisiensi server dan jaringan.
j.
Mengkoordinasikan pelaksanaan rencana
sistem komputer dengan personil pendirian dan vendor luar.
12. Computer Systems Engineers
:
a.
Berkomunikasi dengan staf atau klien
untuk memahami persyaratan sistem tertentu.
b.
Memberikan saran pada biaya proyek,
konsep desain, atau perubahan desain.
c.
Dokumen desain spesifikasi, petunjuk
instalasi, dan sistem informasi terkait lainnya.
d.
Verifikasi stabilitas,
interoperabilitas, portabilitas, keamanan, atau skalabilitas arsitektur sistem.
e.
Berkolaborasi dengan engineer atau
pengembang perangkat lunak untuk memilih solusi desain yang tepat atau
memastikan kompatibilitas komponen sistem.
f.
Mengevaluasi teknologi yang muncul saat
ini untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti biaya, portabilitas,
kompatibilitas, atau kegunaan.
g.
Memberikan bimbingan teknis atau
dukungan untuk pembangunan atau tips sistem.
h.
Mengidentifikasi sistem data, perangkat
keras, atau komponen perangkat lunak yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan
pengguna.
i.
Memberikan pedoman untuk menerapkan
sistem yang aman untuk pelanggan atau tim instalasi.
j.
Memonitor operasi system untuk
mendeteksi masalah potensial.
13. Database Administrators Job
Descriptions :
a. Menguji program atau database,
memperbaiki kesalahan dan membuat modifikasi yang diperlukan.
b.
Memodifikasi database dan sistem
manajemen database yang ada.
c. Merencanakan, mengkoordinasikan dan melaksanakan
langkah-langkah keamanan untuk melindungi informasi dalam file komputer
terhadap kerusakan, pemodifikasian atau akses yang tidak sah.
d. Bekerja sebagai bagian dari tim proyek
untuk mengkoordinasikan pengembangan database dan menentukan lingkup proyek dan
keterbatasan.
e. Menulis dan mengkode deskripsi database
secara fisik dan logis dan menentukan pengidentifikasi dari database untuk
sistem manajemen atau orang lain secara langsung dalam pengkodean deskripsi.
f.
Melatih user dan menjawab pertanyaan-pertanyaan.
g.
Menentukan pengguna dan tingkat akses
pengguna untuk setiap segmen dari database.
h.
Menyetujui, menjadwal, merencanakan, dan
mengawasi pemasangan dan uji coba produk baru dan perbaikan sistem komputer
seperti instalasi database baru.
i.
Meninjau permintaan proyek,
menggambarkan database user untuk memperkirakan waktu dan biaya yang diperlukan
untuk menyelesaikan proyek.
j.
Mengembangkan standar dan pedoman untuk
membimbing penggunaan dan perolehan perangkat lunak dan untuk melindungi
informasi yang rentan.
C.
Standar
Profesi ACM dan IEEE
a. ACM
(Association for Computing Machinery)
ACM(Association for
Computing Machinery) atau Asosiasi untuk Permesinan Komputer adalah sebuah
serikat ilmiah dan pendidikan computer pertama didunia yang didirikan pada
tahun 1947. SIG dan ACM, mensponsori konferensi yang bertujuan untuk
memperkenalkan inovasi baru dalam bidang tertentu.Tidak hanya mensponsori
konferensi ,ACM juga pernah mensponsori pertandingan catur antara Garry
Kasparov dan computer IBM DeepBlue.
ACM telah menciptakan
sebuah perpustakaan digital dimana ia telah membuat seluruh publikasi yang
tersedia .ACM perpustakaan digital merupakan koleksi terbesar didunia informasi
mengenai mesin komputasi dan berisi arsip jurnal ,majalah ,prosiding konferensi
online,danisu-isu terkini ACM publikasi. Layanan online termasuk forum yang
disebut Ubiquity dan TechNews mencerna,baik yang berisi informasi terbaru
tentang dunia IT.
Pesaing
utama ACM adalah IEEE Computer Society.
Perbedaan antara ACM
dan IEEE adalah, ACM berfokus pada ilmu komputer teoritis dan aplikasi pengguna
akhir, sementara IEEE lebih memfokuskan pada masalah-masalah hardware dan
standardisasi. Cara lain untuk menyatakan perbedaan yaitu ACM adalah ilmuwan
komputer dan IEEE adalah untuk insinyur listrik, meskipun subkelompok terbesar
adalah IEEE Computer Society.
ACM memiliki empat “Boards“
yaitu:
-
publikasi,
-
SIG Governing Board,
-
pendidikan, dan
-
Badan Layanan Keanggotaan
b. IEEE
(Institute of Electrica l and Electronics Engineers)
IEEE (Institute of
Electrical and Electronics Engineers) adalah sebuah organisasi profesi nirlaba
yang terdiri dari banyak ahli dibidang teknik yang mempromosikan pengembangan
standar-standar dan bertindak sebagai pihak yang mempercepat teknologi-
teknologi baru dalam semua aspek dalam industry dan rekayasa (engineering),yang
mencakup telekomunikasi,jaringankomputer,kelistrikan, antariksa,
danelektronika.
Tujuan inti IEEE adalah
mendorong inovasi teknologi dan kesempurnaan untuk kepentingan kemanusiaan.Visi
IEEE adalah akan menjadi penting untuk masyarakat teknis global dan
professional teknis dimana-mana dan dikenal secara universal untuk kontribusi
teknologi dan teknis yang professional dalam meningkatkan kondisi perkembangan
global.
Standar dalam IEEE
adalah mengatur fungsi ,kemampuan dan interoperabilitas dari berbagai macam
produk dan layanan yang mengubah cara orang hidup, bekerja dan berkomunikasi.
Proses pembangunan IEEE
standar dapat dipecah melalui tujuh langkah dasar yaitu :
-
Mengamankan Sponsor
-
Meminta Otorisasi Proyek
-
Perakitan Kelompok Kerja
-
Penyusunan Standard
-
Pemungutan suara
-
Review Komite
-
Final Vote
Pada tahun 1980 bulan
2, IEEE membuat sebuah bagian yang mengurus standarisasi LAN(LocalAreaNetwork)
danMAN(MetropolitanAreaNetwork). Bagian ini kemudian dinamakan sebagai 802.
Angka 80 menunjukkan tahun dan angka 2 menunjukkan bulan dibentuknya kelompok
kerja ini.
Ada beberapa unit kerja
dengan bidang yang mereka tangani diantaranya :
IEEE Indonesia Section
berada pada IEEE Region 10 (Asia-Pasifik). Ketua IEEE Indonesia Section tahun
2009-2010 adalah Arnold Ph Djiwatampu. Saat ini IEEE Indonesia Section memiliki
beberapa chapter, yaitu:
-
Chapter Masyarakat Komunikasi
(Communications Society Chapter)
-
Chapter Masyarakat Sistim dan Sirkuit
(Circuits and Systems Society Chapter)
-
Chapter Teknologi Bidang Kesehatan dan
Biologi (Engineering in Medicine and Biology Chapter)
-
Chapter Gabungan untuk Masyarakat
Pendidikan, Masyarakat Peralatan Elektron, Masyarakat Elektronik Listrik, dan
Masyarakat Pemroses Sinyal (Join Chapter of Education Society, Electron Devices
Society, Power Electronics Society, Signal Processing Society).
D.
Standar
Profesi IT di Indonesia dan Regional
Berdasarkan
perkembangan Teknologi Informasi secara umum, serta kebutuhan di Indonesia
serta dalam upaya mempersiapkan diri untuk era perdagangan global. Beberapa
usulan dituangkan dalam bab ini. Usulan-usulan tersebut disejajarkan dengan
kegiatan SRIG-PS (SEARCC), dan IPKIN selaku perhimpunan masyarakat komputer dan
informatika di Indonesia. Juga tak terlepas dari agenda pemerinta melalui Departemen
terkait.
Gambar 1 Implementasi Standardisasi Profesi bidang TI di
Indonesia
Langkah-langkah
yang diusulan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut :
-
Penyusunan kode etik profesiolan
Teknologi Infomrasi
-
Penyusunan Klasifikasi Pekerjaan (Job)
Teknologi Informasi di Indonesia
-
Penerapanan mekanisme sertifikasi untuk
profesional TI
-
Penerapan sistem akreditasi untuk Pusat
Pelatihan dalam upaya Pengembangan Profesi
-
Penerapan mekanisme re-sertifikasi
-
Promosi Standard Profesi Teknologi Informasi
Beberapa
rencana kegiatan SRIG-PS pada masa mendatang dalam upaya memasyarakatkan model
standardisasi profesi dalam dunia TI adalah :
-
Distribusi dari manual SRIG-PS di
SEARCC”96 di Bangkok.pada bulan Juli 1996.
-
Promosi secara ekstensif oleh para
anggota dari 1996-1997
-
Presentasi tiap negara yang telah
benar-benar mengimplementasikan standard yang berdasarkan model SRIG-PS, pada
SEARCC’97 di New Delhi. Ini merupakan penutupan phase 2 dari SRIG-PS.
Untuk
memasyarakatkan stardisasi profesi dan sistem sertiikasi ini, maka harus
dilakukan lebih banyak promosi dalam penyebaran standard kompetensi. Promosi
akan dilakukan melalui radio, majalah, atau bahkan TV. Terlebih lagi, adalah
penting untuk mempromosikan standard ini ke pada institusi pendidikan, teurtama
Bagian Kurikulum, karena pendidikan Teknologi Informasi harus disesuaikan agar
cocok dengan standard yang akan diterapkan dalam industri.
Sumber :
http://adenugraha90.blogspot.co.id/2016/04/jenis-jenis-profesi-di-bidang-it.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar