Kamis, 01 Mei 2014

TEORI PRODUSEN


    TEORI PRODUSEN
 
Teori Produsen adalah teori yang menjelaskan tentang kegiatan memproduksi dalam jangka pendek antara tingkat produksi dengan jumlah faktor-faktor produksi dan hasil penjualan outputnya. Produksi jangka pendek adalah sebagian faktor seorang produsen dalam melakukan proses produksi untuk mencapai tujuannya harus menentukan dua macam keputusan:
1. berapa output yang harus diproduksikan.
2. berapa dan dalam kombinasi bagaimana faktor-faktor produksi (input) dipergunakan.

Siapa produsen?

Badan usaha, yakni kumpulan individu yang secara bersama-sama melakukan kegiatan usaha. Badan usaha selanjutnya dapat dikelompokkan kedalam dua kategori, yakni:

Badan hukum. 

Menurut hukum, badan usaha yang dapat dikelompokkan ke dalam kategori badan hukum adalah yayasan, perseroan terbatas dan koperasi.

Bukan badan hukum.

Jenis badan usaha selain ketiga bentuk badan usaha diatas dapat dikategorikan sebagai badan usahan bukan badan hukum, seperti firma, atau sekelompok orang yang melakukan kegiatan usaha secara insidentil. Misalnya, pada saat mobil Anda mogok karena terjebak banjir, ada tiga orang pemuda yang menawarkan untuk mendorong mobil Anda dengan syarat mereka diberi imbalan Rp. 50.000,-. Tiga orang ini dapat dikategorikan sebagai badan usaha bukan badan hukum.

    Asumsi-asumsi 

Teori produksi memiliki dua teori berubah, dimisalkan terdapat dua faktor produksi yang dapat diubah jumlahnya. Dan inilah dua teori yg bisa berubah itu :

1. Kurva Produksi Sama (Isoquant)
Isoquant adalah kurva yang menunjukkan gabungan dua factor produksi yang akan mewujudkan tingkat produksi yang sama.
Fungsi Isoquant : Q = TK.M (standar).

2. Garis Biaya Sama (Isocost)
Untuk menghemat biaya produksi dan memaksimalkan keuntungan, perusahaan harus meminimumkan biaya produksi. Untuk membuat analisis mengenai peminimuman biaya produksi perlulah dibuat garis biaya sama atau isocost. Garis ini menggambarkan gabungan factor-faktor produksi yang dapat diperoleh dengan menggunakan sejumlah biaya tertentu.

Fungsi Isocost : C=Ptk.TK + PmM

   Biaya Produksi

Biaya produksi dapat didefinisikan sebagai semua pengeluaran yang dilakukan oleh firma untuk memperoleh faktor-faktor produksi dan bahan-bahan mentah yang akan digunakan untuk menciptakan barang-barang yang diproduksikan firma tersebut. Biaya produksi yang dikeluarkan setiap firma dapat dibedakan kepada dua jenis biaya, yaitu biaya eksplisit dan biaya tersembunyi (imputed costs).
Biaya eksplisit adalah pengeluaran-pengeluaran perusahaan yang berupa pembayaran dengan uang untuk mendapatkan faktor-faktor produksi dan bahan mentah yang dibutuhkan firma. Sedangkan biaya tersembunyi adalah taksiran pengeluaran atas faktor-faktor produksi yang dimiliki oleh firma itu sendiri. Pengeluaran seperti itu antara lain adalah pembayaran untuk keahlian keusahawanan produsen tersebut, modalnya sendiri yang digunakan dalam perusahaan, dan bangunan perusahaan yang dimilikinya.

Dua jenis biaya produksi

    1. Biaya eksplisit adalah pengeluaran perusahaan yang berupa pembayaran dengan uang untuk mendapatkan faktor produksi dan bahan mentah yang dibutuhkan perusahaan.
     2. Biaya implisit adalah perkiraan pengeluaran (biaya) atas faktor produksi yang dimiliki oleh perusahaan itu sendiri.

Jangka waktu analisis
     1. Jangka pendek, yaitu jangka waktu dimana sebagian faktor produksi tidak dapat ditambah jumlahnya.
2. Jangka panjang, yaitu jangka waktu dimana semua faktor produksi bersifat variabel.

·                     Beberapa pengertian biaya dalam jangka pendek

       1.   Biaya tetap total (total fixed cost)
Biaya tetap total yaitu keseluruhan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk memperoleh faktor produksi yang bersifat tetap.
Contoh : pembelian mesin, bangunan dll

       2.   Biaya variabel total (total variable cost)
Biaya variabel total yaitu keseluruhan biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk memperoleh factor produksi yang bersifat variabel. Misalnya biaya tenaga kerja, pembelian bahan baku, bahan penolong dll.

       3.   Biaya marjinal (marginal cost)
Biaya marjinal yaitu kenaikan biaya yang dikeluarkan perusahaan sebagai akibat kenaikan satu unit output. [MCn = TCn - TCn-1]
 
       4.   Biaya tetap rata-rata (per unit) atau (average fixed cost)
Biaya tetap rata-rata yaitu biaya tetap yang dibebankan ke

pada satu unit output. [AFC = TFC / Q]

       5.   Biaya variabel rata-rata (per unit) atau (average variable cost)
Biaya variabel rata-rata yaitu biaya variabel yang dibebankan kepada kepada setiap unit output. [AVR = TVC/Q]

       6.   Biaya total (total cost)
Biaya total yaitu keseluruhan biaya produksi yang digunakan untuk menghasilkan sejumlah output tertentu baik yang bersifat tetap maupun variabel. [TC = TFC + TVC]

       7.   Biaya rata-rata (average cost)
Biaya rata-rata Yaitu biaya diproduksi yang diperhitungkan untuk setiap unit output.[AR = TC/Q]



     Keuntungan

Biaya marginal memegang peranan yang sangat penting di dalam pertimbangan seorang produsen ketika menentukan jumlah produksi yang perlu dihasilkan. Telah dinyatakan bahwa tujuan dari setiap produsen ialah untuk memaksimumkan keuntungannya. Pada tingkat produksi yang manakah keuntunngan maksimum dicapai? Dua cara dapat digunakan untuk menentukannya, yaitu :
  1. Dengan memproduksikan barang pada tingkat di mana perbedaan di antara hasil penjualan total dengan ongkos total adalah yang paling maksimum.
  2. Dengan memproduksikan barang pada tingkat di mana hasil penjualan marginal = biaya marginal.
Cara yang pertama tidak memerlukan penjelasan yang panjang. Keuntungan adalah perbedaan di antara hasil penjualan total dengan biaya total, maka keuntungan adalah maksimum apabila perbedaan di antara dua faktor di atas mencapai maksimum.
Namun ada cara simple untuk menentukan keuntungan, yaitu : Penerimaan(pendapatan) - Pengeluaran(biaya)

Jadi penerimaan (pendapatan) yang kita dapatkan dari penjualan kita di kurang pengeluaran(biaya) yang kita keluarkan untuk biaya kita dalam berdagang tersebut.


Sumber :

http://bintanglupin.wordpress.com/2014/04/30/perilaku-produsen-dan-biaya-produksi/

1 komentar:

  1. makasih kakak danar udah masukin sumber dari blog gw :D

    BalasHapus