Minggu, 06 April 2014

PEMILIHAN UMUM 2014






            

       Tahun 2014 adalah tahun politik bagi Indonesia, kenapa disebut seperti itu, karena sepanjang tahun ini akan banyak kejadian politik yang berkaitan dengan agenda politik nasional, yakni Pemilu(pemilihan umum) 2014. Seperti blasa di negara kita ada Pemilu yang diadakan tiap 5 tahun satu kali, guna memilih para pemimpin negeri ini .Pemilu yang memiliki kepanjangan dan Pemilihan Umum tersebut memiliki asas, dikenal dengan asas LUBER yang merupakan kependekan dan Langsung Umum Bebas dan Rahasia. Dalam penjabarannya adalah Langsung berarti pemilih diharuskan memberikan suaranya secara langsung dan tidak boleh diwakilkan, Umum berarti pemilihan umum dapat diikuti seluruh warga negara yang sudah memiliki hak menggunakan suara, Bebas berarti pemilih diharuskan memberikan suaranya tanpa ada paksaan dari pihak manapun, kemudian Rahasia berarti suara yang diberikan oleh pemilih bersifat rahasia hanya diketahui oleh si pemilih itu sendiri.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berharap dengan masuknya tahun 2014 sebagai tahun politik, Indonesia menjadi negara yang aman dan jauh dari segala konflik. "Memasuki tahun politik 2014, bangsa dan negara kita senantiasa diberi kedamaian, kesentosaan, kesejahteraan, kemajuan, dan kemakmuran oleh Tuhan," ujar SBY saat meresmikan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan meluncurkan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Istana Bogor, Selasa 31 Desember 2013.

Pemilihan umum pertama di Indonesia diadakan pada tahun1955. Pemilu ini sering dikatakan sebagai pemilu Indonesia yang paling demokratis. Pemilu tahun 1955 ini dilaksanakan saat keamanan negara masih kurang kondusif; beberapa daerah dirundung kekacauan oleh DI/TII (Darul Islam/Tentara Islam Indonesia) khususnya pimpinan Kartosuwiryo. Dalam keadaan seperti ini, anggota angkatan bersenjata dan polisi juga memilih. Mereka yang bertugas di daerah rawan digilir datang ke tempat pemilihan. Pemilu akhirnya pun berlangsung aman.

Sepanjang sejarah Indonesia, telah diselenggarakan 10 kali pemilu anggota DPR, DPD, dan DPRD, yaitu pada tahun 1955, 1971, 1977, 1982, 1987, 1992, 1997, 1999, 2004, 2009, dan yang sekarang 2014.

Pemilu 2014 akan dilaksanakan dua kali yaitu Pemilu Legislatif pada tanggal 9 April 2014 yang akan memilih para anggota dewan legislatif DPR, DPD, DPRD provinsi ,dan DPRD kabupaten/kota dan  Pemilu Presiden pada tanggal 9 Juli 2014 yang akan memilih Presiden dan Wakil Presiden.

Berikut jadwal pemilu secara lengkapnya yang terdapat pada situs http://www.pemilu.com/jadwal-pemilu-2014/  :




Berikut calon Presidennya:




















Pemilu tahun ini diikuti oleh 15 partai ,yang terdiri dari 12 partai politik Nasional dan 3 partai lokal Aceh. Berikut nomer urut partai dan partainya:






Tujuan dari pada penyelenggaraan pemilihan umum (general election) menurut Jimmly Asshiddiqie dapat dirumuskan dalam empat bagian yakni:
  1. Melaksanakan prinsip kedaulatan rakyat.
  2. Untuk memungkinkan terjadinya pemilihan kepemimpinan pemerintahan    secara tertib dan damai. 
  3. melaksanakan prinsip hak-hak asasi warga Negara.
  4. Untuk memungkinkan terjadinya pergantian pejabat yang akan mewakili kepentingan rakyat di lembaga perwakilan.

Yang unik, untuk pertama kalinya ada sebuah developer Indonesia yang menjadikan momen pemilu ini dibuat sebagai game di smartphone, developer tersebut yaitu GITSGAMES - Part of PT. GITSOLUTION . Game tersebut dapat kita download melalui android smartphone di google play, ataupun melalui link https://play.google.com/store/apps/details?id=com.gitsgames.pemilu .
ini hasil screen capturenya:












dalam deskripsi game tersebut dijelaskan :

“Menjawab banyaknya permintaan gamer, maka update terbaru sudah memasukkan capres resmi dari PDIP yaitu Jokowi. Game Pemilu 2014 akan selalu diupdate dengan perkembangan terkini dari berita dan kondisi Pemilu 2014.
Melalui Game Pemilu 2014, kampanye tidak lagi hanya beramai-ramai di ruang terbuka. Kini kampanye sudah masuk ke ruang pribadi melalui gadget smartphone. Kampanye juga tidak lagi berbentuk orasi satu arah tapi bisa dengan aksi dari para pendukung. Itulah semangat dari para pendukung Game Pemilu 2014.
Ayo, bantu dan dukung partai pilihanmu dengan mengenal mereka, mencari dana untuk disumbangkan sampai menjadi pendukung kampanye mereka melalui Game Pemilu 2014. Sebagai bagian dari rakyat Indonesia, sudah menjadi kewajiban untuk berpartisipasi dalam kegiatan 5 tahun sekali ini. Tidak usah khawatir dengan janji muluk-muluk, karena di game ini yang aktif adalah Anda sebagai pendukung.
Anda bisa mengenal berbagai partai dari informasi yang mereka sampaikan melalui internet dan tentunya video profil capres yang mereka usung juga bisa kita kenali. Kemampuan partai juga akan tampak dengan berbagai data yang mereka berikan dan itu semua tentu membutuhkan dukungan. Nah, dukungan ini yang kita perlihatkan dengan memainkan game yang terdiri dari 3 jenis seperti: game mengenal wakil rakyat, mencari dana, membantu juru kampanye.
Sambil bermain game, beberapa statistik terkait aktivitas dan pilihan dari para pemain akan ditampilkan sehingga bentuk dukungan yang dibuat dapat dibandingkan dengan pemain lain. Jadi, di Game Pemilu 2014 ini pemain bisa melakukan banyak aktivitas selain memainkan game.
Terima kasih untuk semua pemain yang memberikan masukan dan kritikan kepada developer. Ini menunjukkan bahwa banyak pemain memberikan perhatian kepada perbaikan game ini. Dan lebih menyenangkan lagi, kritik itu benar-benar memperhatikan sisi kualitas.”

Unik bukan?

Ayo tinggal beberapa hari lagi pemilu legislatif dilaksanakan, tertanggal tulisan ini dibuat. Sudah kah anda mengenal para calon anggota DPR, DPD, DPRD provinsi ,dan DPRD kabupaten/kota di daerah anda yang akan anda pilih? Jika belum, cobalah untuk mengetahui program-program apa yang mereka buat,  dan apa visi-misi yang mereka jalankan, jikalau kalian belum mengetahui siapa saja anggota legislatifnya, kalian boleh kok mencoblos partainya saja. Jangan salah pilih dan jangan GOLPUT!! Ayo gunakanak hak pilih anda! 

JANGAN GOLPUT, LET'S VOTE




Tidak ada komentar:

Posting Komentar