ISI DAN MATERI
Isi dari Tulisan Ilmiah memenuhi aspek-aspek berikut
ini :
1. Relevan dengan jurusan dari mahasiswa yang
bersangkutan.
2. Mempunyai pokok permasalahan dan batasan yang
jelas.
3.
Masalah dibatasi, sesempit mungkin, memenuhi kaidah penelitian ilmiah.
Ø KAIDAH
PENULISAN
Dalam penyusunan Penelitian Ilmiah harus memperhatikan
kaidah sebagai berikut:
1. Asli,
yaitu karya tulis ilmiah merupakan hasil pemikiran penulis sendiri bukan
plagiasi, jiplakan atau disusun dengan tidak jujur.
2. Manfaat,
yaitu karya tulis ilmiah memiliki urgensi karena diperlukan, dan mempunyai
nilai manfaat pada masing-masing bidang sesuai jenis jabatan
fungsionalnya.
3. Substansi,
yaitu materi karya tulis ilmiah yang disajikan harus merupakan bagian dari
tugas utama masing-masing pejabat fungsional.
4. llmiah,
yaitu karya tulis ilmiah didasari oleh kaidah keilmuan yang memiliki struktur
logika dan terbuka terhadap pengujian kebenaran.
5. Konsisten,
yaitu karya tulis ilmiah relevan dengan lingkup tugas utama masing-masing
pejabat fungsional.
6. Objektif,
yaitu penulis tidak boleh:
a. Mengganti
fakta dengan dugaan;
b. Menyembunyikan
kebenaran dengan menggunakan makna ganda (ambiguitas);
c. Berbohong
dengan mengacu data statistik;
d. Memasukkan
dugaan pribadi dalam karya tulisnya.
Ø STRUKTUR
TULISAN ILMIAH
Susunan struktur Tulisan Ilmiah adalah sebagai berikut
:
1. Bagian Awal
2. Pendahuluan
3. Tinjauan Pustaka/ Landasan Teori.
4. Gambaran Umum Perusahaan 2 s/d 7
5. Analisa dan Hasil/ Perancangan dan Implementasi
Bagian Pokok
6. Penutup (yang terdiri dari Simpulan dan Saran)
7. Daftar Pustaka
8. Bagian akhir
1. Bagian Awal
Bagian Awal, terdiri atas :
Ø Halaman
Judul
Ditulis sesuai dengan cover depan Tulisan Ilmiah
standar Universitas Gunadarma.
Ø Lembar
Pengesahan
Dituliskan Judul PI, Nama, NPM, Tanggal Sidang,
Tanggal Lulus, dan tanda tangan
Pembimbing, Kasubag. PI, serta Ketua Jurusan, sesuai
dengan jurusan masing-masing.
Ø Abstrak
dan Abstract
Berisi ringkasan dari tulisan. Maksimal 1 halaman
saja, dalam bahasa Indonesia dan
bahasa Inggris.
Ø Kata
Pengantar
Berisi ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang
ikut berperan dalam pelaksanaan
penelitian tulisan ilmiah yakni : Rektor, Dekan, Ketua
Jurusan, Kasubag PI,
Pembimbing, Perusahaan, Keluarga, Rekan-rekan, dan
lain-lain.
Ø Daftar
Isi (dibuat dalam 2 turunan penomoran, lihat di bagian
belakang petunjuk ini).
Ø Daftar
Tabel
Ø Daftar
Gambar Bila ada
Ø Daftar
Lampiran
2. Pendahuluan
Pendahuluan menguraikan pokok persoalan, terdiri dari
:
Ø Latar
Belakang
Menguraikan mengapa penulis sampai kepada pemilihan
topik permasalahan yang
bersangkutan.
Ø Batasan
Masalah/ Ruang Lingkup
Memberikan batasan yang jelas bagian mana dari
persoalan yang dikaji.
Ø Tujuan
Menggambarkan hasil yang diharapkan dari penelitian
ini dengan memberikan jawaban
terhadap masalah yang diteliti.
Ø Metode
Penelitian
Bagian metode penelitian menjelaskan secara rinci
setiap kegiatan yang dilakukan untuk menjawab tujuan yang sudah diuraikan pada
bab 1. Bagian ini juga menjelaskan peralatan dan bahan yang dibutuhkan dalam
penelitian (jika ada). Inti dari bagian ini adalah pembaca dapat melakukan
ulang persis seperti peneliti lakukan berdasarkan uraian yang diberikan
peneliti dalam bagian ini. Semua langkah-langkah yang dilakukan tidak boleh ada
yang ditutupi, dan dijelaskan secara kronologis dan sistematis. Untuk
penelitian ilmu komputer, bagian ini dapat diisi dengan uraian peralatan yang
dibutuhkan, algoritma/ metode yang digunakan, prosedur implementasi (mengacu
pada SDLC).
Contoh bagian Metode Penelitian
yang dapat digunakan sebagai rujukan (tidakmutlak harus seperti ini, tergantung
dari kebutuhan masing-masing):
Perangkat yang Dibutuhkan
Contoh:
Penelitian ini membutuhkan perangkat keras dan
perangkat lunak. Perangkat keras yang dibutuhkan adalah satu (1) unit komputer
pribadi lengkap dengan spesifikasi minimum........Perangkat lunak yang
dibutuhkan adalah......
Prosedur Pembuatan Aplikasi
Pada bagian ini dijelaskan prosedur pembuatan aplikasi
dengan detil, bukan pembuatannya. Contoh:
Pembuatan aplikasi dilakukan dalam beberapa tahap:
1. pembuatan rancangan input. Rancangan input dibuat
menggunakan algoritma....(kalau ada khusus dari teori yang digunakan, jangan
dijelaskan rancangan inputnya di sini).
2. pembuatan rancangan output. Rancangan output dibuat
menggunakan algoritma....(kalau ada khusus dari teori yang digunakan, jangan
dijelaskan rancangan outputnya di sini).
3. pembuatan logika pemrograman. Logika program dibuat
menggunakan bentuk diagram alur.
4. pembuatan naskah program. Naskah program dibuat
menggunakan bahasa pemrograman.
Uji Coba Aplikasi
Dijelaskan dengan detil bagaimana uji coba aplikasi
dilakukan dan apa yang diamati dalam uji coba tersebut. Contohnya:
Uji coba aplikasi didahului dengan proses debugging.
Program yang sudah valid dan terverifikasi, selanjutnya dijalankan selama ...
kali. Hal yang diperhatikan selama berjalannya program adalah konsistensi
output yang dihasilkan..........dst...dst.
Sistematika
Tulisan Ilmiah
Memberikan gambaran umum dari bab ke bab isi dari
Tulisan Ilmiah, dibuat/ diurai
dalam paragraf.
3. Tinjauan Pustaka
Menguraikan
teori-teori yang menunjang tulisan/ penelitian (definisi, pengertian, dan
lainlain), yang bisa diperkuat dengan menunjukkan hasil penelitian sebelumnya.
Dapat pula ditambahkan Tool/ Program penunjang yang digunakan untuk
membantu penelitian, sebatas sejarah perkembangan, kelebihannya, keuntungan dan
keterbatasan tool. Tidak perlu memasukkan manualnya. Dianjurkan
untuk memasukkan minimal satu artikel (dari jurnal/ prosiding) yang mendukung.
Penunjukkan referensi perlu dimasukkan jika pada bab ini dikutip.
4. Gambaran Umum Perusahaan (untuk yang melakukan
penelitian/ kerja praktek di
perusahaan)
Menguraikan secara singkat profil perusahaan tempat
dilakukannya kerja praktek/ penelitian. Dibuat bab sendiri (tidak termasuk
dalam landasan teori).
5. Analisa dan Hasil ATAU Perancangan dan Implementasi
Bagian ini dapat dipecah menjadi beberapa bab
(misalnya Bab 3 dan Bab 4) tergantung
kebutuhan :
Ø Hasil
Penelitian (Analisis Perusahaan)
Menguraikan hasil penelitian yang mencakup semua aspek
yang terkait dengan penelitian.
Ø Perancangan
dan Implementasi
Menguraikan tentang perancangan dari aplikasi yang
akan dibuat, dapat berupa tampilan rancangan layout input, output atau hasil
dan menguraikan bagaimana cara membuat aplikasi tersebut, berikut tampilan
hasilnya. Setiap hasil berupa gambar ataupun tabel, diceritakan atau
dideskripsikan. Spesifikasi perangkat keras dan perangkat lunak disebutkan
untuk penggunaan akhir dari aplikasinya. Jika membuat situs, ada bagian
tersendiri untuk menceritakan cara menggunggah situs. Jika melakukan uji coba
program ditambahkan bagian tersendiri hasil kuesioner preferensi user
6. Penutup
Ø Simpulan
Berisi jawaban dari tujuan yang diajukan penulis pada
Bab 1, yang diperoleh dari penelitian.
Ø Saran
Ditujukan kepada pihak-pihak terkait, sehubungan
dengan pengembangan penelitian.
Saran lebih ditujukan bagi pengembangan dari aplikasi
atau situs.
7. Daftar Pustaka (menggunakan sistem Harvard,
author-date style)
Ø Berisi
daftar referensi (buku, jurnal, majalah, dan lain-lain), yang digunakan dalam
Tulisan.
Ø Berisi
informasi tentang sumber pustaka yang telah dirujuk dalam tubuh tulisan. Untuk
setiap pustaka yang dirujuk dalam naskah harus muncul
dalam daftar pustaka, begitu juga sebaliknya setiap pustaka yang muncul dalam
daftar pustaka harus pernah dirujuk dalam tubuh tulisan.
Ø Nama
pengarang asing ditulis dengan format : nama keluarga, nama depan (dibalik).
Nama pengarang Indonesia (ras ASIA) ditulis normal
(tidak dibalik).
Ø Gelar
tidak perlu dituliskan.
Ø Setiap
pustaka diketik dengan jarak satu spasi (rata kiri). Jarak antara satu pustaka
dengan pustaka lainnya diberi jarak 2X enter.
Ø Semua
nama pengarang ditulis lengkap.
Ø Tahun
terbit disarankan minimal tahun 2005 (maksimal 10 tahun di belakang), kecuali
pustaka yang ‘langka’.
Ø Sumber
pustaka lainnya dari jurnal/ prosiding atau internet non formal.
Sistem Harvard menggunakan nama
penulis dan tahun publikasi dengan urutan pemunculan berdasarkan nama penulis
secara alfabetis. Publikasi dari penulis yang sama dan dalam tahun yang sama
ditulis dengan cara menambahkan huruf a, b, atau c dan seterusnya tepat di
belakang tahun publikasi (baik penulisan dalam daftar pustaka maupun sitasi
dalam naskah tulisan). Alamat Internet ditulis menggunakan huruf italic.
Terdapat banyak varian dari sistem Harvard yang digunakan
dalam berbagai jurnal di dunia.
8. Bagian Akhir
Ø Daftar
Simbol
Berisi deretan simbol-simbol yang digunakan di dalam
tulisan, lengkap dengan
keterangannya.
Ø Lampiran
Penjelasan tambahan, dapat berupa uraian, program,
gambar, perhitungan-perhitungan, grafik, atau tabel, yang merupakan penjelasan
rinci dari apa yang disajikan di bagianbagian terkait sebelumnya.
TEKNIK PENULISAN
1. Penomoran Bab serta subbab
Ø Bab
dinomori dengan menggunakan angka latin.
Ø Subbab
dinomori dengan menggunakan angka latin dengan mengacu pada nomor bab/
subbab dimana bagian ini terdapat.
Contoh :
2. JUDUL BAB
2.1. Judul Subbab
2.2. Judul Subbab
2.2.1. Judul Sub-Subbab
- Penulisan nomor dan judul bab di tengah dengan huruf
besar, ukuran font 14, tebal.
- Penulisan nomor dan judul subbab dimulai dari kiri,
dimulai dengan huruf besar, ukuran
font 12, tebal.
- Judul Subbab ditulis dengan font style bold (cetak
tebal), dimulai dari sebelah kiri, huruf
pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar
(kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti
preposisi (“di”, “ke”, “dari”, “yang”, “antara”,
“pada”, “untuk”, “tentang”, “dengan”);
kata sambung (“dan”, “atau”, “sejak”, “setelah”,
“karena”).
2. Penomoran Halaman
Ø Bagian
Awal, nomor halaman ditulis dengan angka romawi huruf kecil (i,ii,iii,iv,…).
Posisi di tengah bawah (2 cm dari bawah). Khusus untuk
lembar judul dan lembar pengesahan, nomor halaman tidak perlu diketik, tapi
tetap dihitung.
Ø Bagian
Pokok, nomor halaman ditulis dengan angka latin. Halaman pertama dari bab
pertama adalah halaman nomor satu. Peletakan nomor halaman untuk setiap awal
bab di bagian bawah tengah, sedangkan halaman lainnya di pojok kanan atas.
Ø Bagian
akhir, nomor halaman ditulis di bagian bawah tengah dengan angka latin dan
merupakan kelanjutan dari penomoran pada bagian pokok.
3. Judul dan Nomor Gambar/ Grafik dan Tabel
Ø Judul
gambar/ grafik diketik di bagian bawah tengah dari gambar.
Ø Judul
tabel diketik di sebelah atas tengah dari tabel.
Ø Penomoran
tergantung pada bab yang bersangkutan,
contoh : Gambar 3.1 berarti gambar pertama yang ada di
bab 3.
Ø Penunjukkan
gambar dan tabel dengan menyebutkan nomornya, misal “ ..... yang ditunjukkan
pada Gambar 3.1.“, TIDAK BOLEH “..... yang ditunjukkan pada gambar di atas/
bawah“.
4. Format Pengetikan
Ø Menggunakan
kertas ukuran A4.
Ø Margin
Atas : 3 cm, Bawah : 3 cm
Ø Margin
Kiri : 4 cm, Margin Kanan : 3 cm
Ø Jarak
spasi : 1,5 (khusus ABSTRAK dan ABSTRACT hanya 1 spasi)
Ø Jenis
huruf (Font) : Times New Roman.
Ø Ukuran
/ variasi huruf : Judul Bab 14 / Tebal, Huruf Kapital, Isi 12
/ Normal,Subbab 12 / Tebal
5. Format Lain
Ø Tidak
boleh ada singkatan, misal dll, sbb, a.l; harus diuraikan; dan lain-lain,
sebagai
berikut, antara lain.
Ø Untuk
singkatan lain, perlu disebutkan satu kali kepanjangannya baru singkatannya,
untuk selanjutnya boleh digunakan singkatannya saja,
misal Video Display Unit(VDU).
Ø Sedapat
mungkin, kata asing di-Indonesia-kan. Jika belum ada kata serapannya, kata
asing tersebut dibuat dalam font italic.
Ø Tidak
boleh ada kata ganti orang dalam tulisan, misal Anda, Kita, Kamu.
Ø Buat/
ubah kalimat menjadi kalimat informasi atau kalimat berita/ ilmiah.
6. Hasil Tulisan/ Kerja Praktek :
Ø Diseminarkan
dengan membawa bahan/ materi presentasi yang dibuat dalam format file
presentasi, baik dalam bentuk softcopy (disimpan
dalam flashdisk/ CD) maupun dalam
bentuk hardcopy (dicetak pada lembar
plastik transparansi)
Ø Dijilid
berbentuk buku (3 eksemplar untuk penguji, boleh asli atau fotokopi) dengan
jumlah halaman bagian pokok paling sedikit 50
(limapuluh) halaman tidak termasuk
cover, halaman judul, daftar isi, kata pengantar dan
lampiran
Ø Diketik
dengan menggunakan aplikasi pengolah kata legal atau open
source antara lain : Office, Open Office, LaTeX, dsb dengan mengikuti
aturan ini
Ø Dicetak
dengan printer (dianjurkan dengan LASER PRINTER)
Referensi:
Ø Budi,
Anang. 2013. “Kaidah, Tata Cara, Sistematika Penulisan, dan Format
Penyajian Karya Tulis Ilmiah”.
Ø Wirawan,
Setia. “Petunjuk Penulisan Ilmiah Jurusan Sistem Informasi”. Dalam http://setia.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.25
Tidak ada komentar:
Posting Komentar