Minggu, 18 Oktober 2015

TUGAS PENGANTAR TELEMATIKA

Berikan 2 contoh mengenai komunikasi jaringan!



Bbm
BlackBerry Messenger, disingkat BBM, adalah aplikasi pengirim pesan instan yang awalnya disediakan hanya untuk para pengguna perangkat BlackBerry, namun seiring berjalannya waktu BBM sudah dapat di gunakan oleh perangat yang ber-sistem operasi Android dan IOS. Cara menggunakan BlackBerry Messenger adalah dengan penghubung nomor PIN antar perangkat.


Beetalk
Beetalk adalah aplikasi chat baru yang popular saat ini di kalangan pengguna ponsel android.. Walaupun sebagai pendatang baru akan tetapi aplikasi ini tidak kalah hebatnya dengan aplikasi-aplikasi chat yang serupa sebelumnya.

Beetalk ini membenarnkan beberapa fitur seperti Look Around, dan fitur shake yang dimiliki oleh WeChat. atau fitur Timeline yang dipunyai Path, Line Brush seperti di Line, pesan gambar berdurasi seperti di Snapchat dll. Anda tak perlu lagi menginstall semua aplikasi tersebut dalam satu perangkat. Karena BeeTalk sudah merangkum semua fitur-fitur unggulan aplikasi chat yang serupa tersebut menjadi satu dalam aplikasi ini. Dengan kata lain BeeTalk menjadi “rangkurnan” semua fitur unggulan aplikasi chat dengan membenamkankannya menjadi satu di beetalk.




Contoh telematika E-Commerce berserta cara pemesanan!

Saya mengambil e-commerce mataharimall.com ,
Cara belanja di mataharimall.com tidaklah terlalu sulit, bahkan hampir sama dengan situs-situs online shop pada umumnya. Berikut ini akan kami jabarkan cara belanja di mataharimall.com seperti yang kami kutip dari situs resminya.






  •           Kemudian buat akun baru.

  •          Nanti akan ada form pengisian pendaftaran, isilah. Setelah itu konfirmasi via email yang telah di daftarkan tadi.


  •          Setelah anda melakukan pendaftaran serta login, selanjutnya anda tinggal mencari dan memilih barang yang akan anda beli. 



  •       Setelah anda menemukan barang yang akan anda beli, kemudaian pilih atau klik tulisan BELI AJA


  •         Kemudian akan muncul jendelah baru dimana anda dapat memeriksa kembali barang yang akan anda beli. Jika barang sudah sesuai maka anda klik Lanjutkan Ke Pembayaran.


  •          Lalu akan muncul pilihan metode pengiriman. Anda dapat memilih pengiriman lewat jasa ekspedisi atau anda dapat langsung mengambil sendiri di matahari mall, silakaan klik salah satu lalu isi informasi alamat pengiriman secara lengkap, kemudian klik Lanjutkan Ke Pembayaran.


  •         Periksa kembali barang pesanan Anda, pastikan informasi pengiriman, informasi tagihan, jenis dan jumlah produk, total belanja telah sesuai. Masukan kode kupon atau voucher Matahari Mall jika ada, lalu klik ‘Bayar Sekarang‘.

  •         Pilih opsi pembayaran (transfer bank atau kartu kredit), isi data lengkap jika menggunakan kartu kredit. Klik ‘Bayar Sekarang‘ untuk melanjutkan proses.

  •        Apabila pembayaran melalui transfer bank, klik ‘Konfirmasi Bank‘ setelah melakukan transfer. dan tinggal anda tunggu barang yang anda beli sampai dirumah anda.






Contoh aplikasi yang menggunakan GPS, tuliskan cara kerjanya!


GO-JEK merupakan salah satu aplikasi dari sekian banyak yang menggunakan fitur GPS (Global Positioning System). GO-JEK adalah perusahaan yang melayani layanan ojek di mana saja untuk siapa saja yang membutuhkan secara online. Gojek bermitra kepada pada pengendara berpengalaman di Jakarta, Bandung, Bali, dan Surabaya. Selain dapat mengantar orang ke suatu tempat, Gojek juga melayani pengiriman barang, pesan antar makanan, berbelanja, dan lain sebagainya. Gojek berdiri pada tahun 2010, dan sekarang sedang menjadi trending topic di kalangan manapun.

Untuk menggunakan layanan Gojek Anda harus memiliki aplikasi khusus yang tersedia di App Store, atau Play Store. Di sana Anda dapat mencari dan memesan pengendara Gojek.


Berikut merupakan layanan yang disediakan Gojek:

#1 Go-Send
Dengan menggunakan layanan ini, Anda dapat memesan ojek untuk melakukan pengantaran berkas dokumen seperti tiket nonton bioskop, order CD/ DVD di suatu tempat, atau lainnya.

#2 Go-Ride
Layanan angkutan bagi siapapun yang membutuhkan. Anda dapat memesan maksimal satu ojek untuk satu orang. Selain cepat sampai dan nyaman, Gojek juga aman karena setiap penumpang yang diantar akan diberikan masker dan helm.

#3 Go-Food
Malas untuk keluar rumah untuk mencari makanan? Dengan menggunakan layanan Go-Food, Anda dapat memesan makanan dengan mudah dan ongkos yang murah. Di Go-Food, akan ditampilkan daftar menu-menu makanan dari restoran populer di Indonesia, dan ongkos kirim untuk Go-Food juga sangat terjangkau, terakhir saya beli martabak Oreo Cream Cheese-nya Martabak Blackpool yang sejauh 27 km, hanya dibiayai 10 ribu Rupiah.

#4 Go-Mart
Berbelanja dengan mudah dan cepat melalui layanan Go-Mart di GOJEK. Layanan ini cocok untuk Anda yang ingin membeli barang/ belanjaan, tetapi tidak punya cukup waktu untuk keluar rumah.

#5 Go-Box
Layanan terbaru dari GOJEK ini memungkinkan Anda untuk memesan suatu barang yang besar karena nanti akan diangkut truk, seperti TV, meja, mesin cuci, dan lain-lain. Go-box ini berkolaborasi dengan para penyedia layanan logistik.


#6 Go-Clean
Pembantu pulang kampung? Anda bisa andalkan layanan bersih-bersih rumah atau perkantoran dengan layanan Go-clean dari Gojek. Ngomong-ngomong ada yang bertanya mengenai layanan ini, "Berarti yang bersih-bersih ojek, dong?," padahal sudah jelas-jelas ya yang membersihkan bukan ojek, melainkan tenaga kerja professional yang berpengalaman.

#7 Go-Glam
Jasa kecantikan yang disediakan Gojek. Ya, dengan ini Anda akan dibantu oleh perias wajah professional untuk membuat wajah Anda semakin cantik merona. Biaya tergantung lama dan tingkat kesulitannya si konsumen.

#8 Go-Massage

Apakah Anda sering merasa pegal-pegal sehabis kerja seharian? Maka Anda patut untuk mencoba menggunakan layanan Go-massage. Layanan terapi dari Gojek juga cukup terjangkau.

Cara kerjanya, silahan anda pilih layanan mana yang kalian perlukan, kemudian pilih location, dan use current location untuk menentukan lokasi yang lebih akurat lagi, jika sudah klik use this location. Lalu isikan lokasi detailnya agar mempermudah driver gojek menemukan lokasinya, dan pilih lokasi tujuan, kemudian next  dan pilih pembayaran menggunakan credit atau cash. 

Nah cara kerja GPS nya adalah pada saat kita menentukan lokasi dan tujuan kita, karena pada saat kita memilih itu akan tampil maps yang berada di sekitar lokasi kita.

http://www.rancahpost.co.id/20150940362/ini-cara-belanja-di-matahari-mall-online/
http://www.indotipstricks.net/2015/08/apa-itu-gojek.html




1 komentar:

  1. haii semua masih semangat ni yaa ..btw ini artikelnya menarik banget ya sangat bermanfaat bagi kita nih terimakasih atas artikel nya
    jangan lupa kunjunggi kami mjuga.
    Jurnal Teknik
    Unimuda Sorong

    BalasHapus